Wednesday, June 22, 2011

Surat Cinta #16: Untuk Perut dan Nasi Kotak

Jadi ceritanya tanggal 4 Juni kemarin saya bikin games dan makan bareng adik-adik
Dewi Sartika (mereka ini anak-anak yang suka ngamen di daerah dago).


Di sepanjang persiapan acara ini, saya merasa letih luar biasa. 
Capek gara-gara mesti jalan kaki dari terminal dago ke rumah mereka masih normal,
capek gara-gara harus seimbangin kemauan antar dua pihak
(GMAHK Setiabudi dan Dewi Sartika) ini yang bikin letih.
Yang satu maunya begini, yang satu maunya begini.

Apalagi pas hari H. Saya sebel berat gara-gara minta dianterin pake motor
biar cepet tapi yang nganterin malah lebih memilih tidur. Oke, skip that part. 

Habis itu saya jemput mereka sendiri ke dago atas,
terus jemput lagi di simpang dago, baru meluncur ke balubur. 
Jangan dibayangin mereka ini anak-anak manis. 

Susah diaturnya luar biasa, dan saya sering teriakin mereka satu-satu karena 
kebiasaan malas mandi mereka. 
Setelah sampai di balubur pun mereka langsung lari sana lari sini 
dan harus dikejar satu-satu 
(jumlahnya ada 20 anak, silakan bayangin sendiri gimana kacaunya)

Akhirnya begitu mereka mulai main games, saya cuma duduk. Capek. 
Untung temen-temen yang lain nggak protes, 
membiarkan saya istirahat sebentar.

Kenapa saya ngotot bercapek-capek ria?

Begitu ngebagiin nasi kotak, makan cemilan sama-sama, 
lihat mereka semangat waktu jawab pertanyaan dan dapet hadiah, 
buat saya itu udah cukup. 
Cukup bikin saya senyum-senyum sendiri dan 
pengen nangis terharu di saat yang sama.

Dan begitu mau pulang, saya ngobrol sama satu anak, namanya Amin. 
Saya bilang gini, "Duh, aku lapar deh. Belom makan dari siang." 
Terus dia langsung ngulurin nasi kotak punya dia sambil bilang, "Ini, buat Mbak aja."

Padahal dia juga belum makan.
Dan saya tahu dia jarang makan makanan enak seperti itu.
Tapi dia ulurin nasi kotaknya sambil bilang itu buat saya aja.
Nasi kotak punya dia yang cuma satu itu.
Saya cuma menggeleng terus bilang, "Nggak. Itu punya kamu."

Begitu mereka pulang, naik angkot dan melambaikan tangan 
sambil bilang terima kasih,
saya sedikit menitikkan air mata. 
(sedikit, soalnya lagi di jalan raya)
Seperti ditabok pake raket di muka.

Saya nggak butuh pakaian bagus dan handphone mahal.
Saya nggak butuh panggung gede dan orang-orang teriakin nama saya.
Tapi saya butuh buat belajar berbagi.
Bukan di saat isi dompet saya banyak, baru saya mau bagi, 
tapi di saat saya hanya punya sedikit, tapi saya beri buat orang lain.
Memberi yang terbaik. 
Saya nggak punya kualitas itu. 





Sedikit belajar, pulangnya saya nggak ngeluh waktu harus jalan kaki lagi 
dan nggak ada yang nganterin.


(maaf nggak ada fotonya, nggak ikut fotoan.. Foto lama ada di notes facebook saya,
monggo dilihat)

No comments:

Post a Comment

Creative Commons License
Journey. And Us. is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 3.0 Unported License.